January 27, 2013

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid
Saat menstruasi, rasa nyeri akibat kram menstruasi seringkali datang. Bisa hanya samar-samar atau sangat nyeri. Kondisi ini memang sedikit menggangu saat menstruasi. Haid atau menstruasi adalah perubahan fisiologis yang akan dialami wanita setiap bulan, 12 kali dalam setahun.

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.Wikipedia

Tidak sedikit wanita yang harus melewati beberapa penderitaan saat menstruasi, terutama di hari pertama hingga kedua. Selain perubahan mood, mayoritas wanita mengalami nyeri dan masalah kesehatan yang berbeda ketika menstruasi.

Biasanya pada saat menstruasi wanita memakai pembalut untuk menampung darah yang keluar saat beraktivitas terutama saat tidur agar bokong dan celana tidak basah dan tetap nyaman. Berikut  cara untuk mengatasi  rasa nyeri pada saat haid.

6 CARA MENGATASI NYERI HAID


Pijatan Lembut
Pijatan ringan pada perut bagian bawah dapat mengurangi nyeri atau kram yang Anda alami. Lakukan dengan lembut, usap ringan telapak tangan Anda di bagian perut bawah. Bisa Anda oleskan minyak kayu putih yang dapat memberi rasa hangat sekaligus aroma yang menenangkan.

Konsultasi ke Dokter
Jika cara yang kami sebutkan di atas tidak membantu atau nyeri yang Anda alami sangat mengganggu aktivitas, segera konsultasikan ke dokter. Walaupun nyeri haid dialami hampir semua wanita dan merupakan hal yang wajar, beberapa nyeri yang sangat mengganggu bisa menjadi gejala awal masalah organ reproduksi. Pemeriksaan oleh ahli kesehatan sangat diperlukan untuk mencari apa penyebab nyeri yang Anda alami.

Kontrol kelahiran hormon
Pil berisi hormon yang mencegah ovulasi dan mengurangi keparahan kram menstruasi. Ini adalah mengapa dokter Anda dapat merekomendasikan pil untuk kram menstruasi. Hormon yang sama juga dapat disampaikan melalui injeksi pada kulit Anda.

Konsumsi vitamin C
Untuk memperkuat daya tahan tubuh, sebaiknya tambahkan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C. Selain jeruk, nenas, mangga, atau pepaya, sumber vitamin C ada pada strawberry, brokoli, semangka, kembang kol, kubis, dan tomat.

Lakukan olahraga ringan
Berjalan di sekitar lingkungan, berjalan di atas treadmill, pergi naik sepeda Anda, atau latihan lain yang Anda nikmati. Ini akan meningkatkan aliran darah yang akan membantu kram pergi.

konsumsi Sayur dan buah
Serat dari sayuran dan buah-buahan bisa membantu mengurangi keluhan PMS. Pisang, misalnya, mengandung vitamin B6 yang mampu mengurangi gejala PMS seperti payudara yang menegang, retensi air, dan mood yang berubah-ubah. Sedangkan nenas, kaya akan vitamin A, B, dan C, serta mangan. Mineral ini telah terbukti mampu meningkatkan mood dan mengurangi retensi air, sehingga Anda terbebas dari problem perut kembung.

Semoga Cara Mengatasi Nyeri Haid diatas bisa membuat aktivitas Anda tetap lancar selama masa haid atau menstruasi.
Comments