January 27, 2013

Dampak Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil

Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil
Telah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok sangat menyebabkan ketergantungan dan sangat berbahaya, di samping menyebabkan banyak tipe kanker, penyakit jantung, penyakit pernapasan, penyakit pencernaan, kanker dan salah satunya efek buruk bagi ibu hamil karena akan berpengaruh pada si janin yang ada dalam di dalam kandungan.

Hasil sebuah studi baru menunjukkan bahwa wanita yang merokok selama kehamilan kemungkinan besar akan mempunyai anak dengan gangguan perilaku. Nikotin yang terhisap dan masuk ke aliran darah dapat mengganggu kesuburan kandungan.

Dampak buruk berokok bagi ibu hamil terhadap kesehatannya sudah tentu sangat merugikan, baik si perokok maupun orang yang berada disekitarnya.

Bahaya rokok bagi ibu hamil dan Janin


  1. Wanita perokok yang sedang hamil akan terancam risiko keguguran hingga 25 persen daripada tidak merokok. Selain itu wanita ini memiliki resiko 1,5-2,5 kali mengalami kehamilan ektopik, sehingga untuk mengangkat janin tersebut harus dioperasi.
  2. Menyebabkan janin kekurangan oksigen, sehingga pertumbuhan janin menjadi terhambat, selain itu zat nikotin dan karbon monoksida yang terdapat pada asap rokok, akan mengakibatkan kelainan pada plasenta.
  3. Resiko kematian bayi mendadak lebih besar, karena fungsi paru pada bayi yang buruk
  4. Lebih mungkin mengalami kelahiran prematur, komplikasi kehamilan, dan kematian bayi saat dilahirkan. Bayi berpotensi lahir dengan berat rendah, selain itu perkembangan fisik, emosi, intelektual akan lebih rendah dari bayi normal, ditambah dengan rentannya bayi terhadap infeksi dan gangguan kesehatan lainnya.
Berbagai zat berbahaya seperti zat nikotin, karbon monoksida dan bahan kimia lain yang berbahaya dalam asap rokok memasuki aliran darah ibu. Sang ibu menyalurkannya langsung kepada anak di rahimnya.

Untuk anda wanita hamil yang suka merokok, sebaiknya anda mulai berhenti merokok jika anda menginginkan anak yang anda kandung dapat lahir dengan selamat. Karena rokok dapat membuat daya tahan tubuh si bayi menjadi lemah ketika dilahirkan. Semoga bermanfaat.
Comments