January 1, 2013

Manfaat Susu Bagi Kesehatan

Manfaat Susu Bagi Kesehatan
Banyak penelitian telah membuktikan manfaat susu untuk kesehatan karena susu mengandung banyak zat penting yang bermanfaat untuk tubuh. Susu juga merupakan bagian dari menu diet sehat dan sebagai sumber utama vitamin D yang juga mengandung hampir setengah dari semua vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh.

Dalam hal kesehatan, susu adalah sumber protein yang lengkap. Susu memiliki delapan gram protein dan 12 gram karbohidrat dalam setiap gelasnya. Susu sapi murni tanpa fortifikasi mengandung 300 miligram kalsium, yang dapat mencukupi 30 persen dari jumlah asupan harian yang direkomendasikan untuk kebanyakan orang dewasa. Selain itu segelas susu memiliki setengah asupan harian vitamin B12 yang direkomendasikan.

Selain itu, penelitian terbaru menemukan bahwa susu juga memiliki peran yang penting memperkuat kinerja otak dan memori kita. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dari University of Maine.

Manfaat Susu Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Susu #1. Mencegah Kerusakan Gigi

Minum susu akan mengurangi risiko kerusakan gigi, misalnya seperti gigi berlubang. Susu kaya akan kalsium dan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan gigi yang sehat dan kuat.

Manfaat Susu #2. Mencegah Kanker Usus

Kalsium pada susu sudah terbukti bisa menghambat perkembangan adenoma atau semacam tumor ganas yang biasa menimpa usus besar (kolon) sehingga dapat mencegah terjadinya kanker usus.

Manfaat Susu #3. Perkuat Kinerja Otak

Selain kalsium, penelitian terbaru menemukan bahwa susu juga memiliki peran yang penting memperkuat kinerja otak dan memori kita. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dari University of Maine, AS, yang menggelar survey yang melibatkan 972 responden. para responden yang mengonsumsi produk olahan susu sekurang-kurangnya 5-6 kali dalam seminggu, mampu mengerjakan tes memori dengan lebih baik.

Manfaat Susu #4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Susu bisa dijadikan sebagai minuman pembuka yang baik dengan semua kandungan nutrisi di dalamnya. Bagi Anda yang sering terlambat makan, Anda bisa mengawalinya dengan segelas susu hangat agar kesehatan pencernaan Anda tetap terjaga.

Manfaat Susu #5. Mencegah Darah Tinggi

Mencegah terjadinya penyakit darah tinggi, karena dapat menggerakkan dinding pembuluh darah sehingga tetap stabil.

Manfaat Susu #6. Mempercepat Pertumbuhan

Susu penuh dengan nutrisi penting yang akan menunjang pertumbuhan tulang, gigi, kuku dan rambut yang baik. Jika Anda memiliki kebiasaan minum susu sejak dini, tentu akan sangat membantu Anda tumbuh tinggi dan kuat.

Selain beberapa kelebihan diatas susu juga berperan menjaga tulang yang kuat, vitamin D sekarang sedang dipuji karena mengandung banyak khasiat lain antara lain meningkatkan kekebalan tubuh. Susu juga baik untuk memnunjang program diet sehat anda.

Hasil temuan yang disajikan pada Experimental Biology di Anaheim tentang manfaat susu bagi kesehatan ini diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk lebih banyak mengonsumsi susu. Semoga Bermanfaat.
Comments