January 31, 2013

Cara Merawat Gigi Anak Agar Sehat

Cara Merawat Gigi Anak
Anak-anak cenderung belum paham akan pentingnya menjaga kesehatan gigi, hal ini sudah menjadi tugas wajib bagi Para orang tua untuk mengingatkan anak-anak agar tidak malas menyikat gigi karena hal ini sangat penting sebab pertumbuhan dan perkembangan gigi si kecil akan sangat mempengaruhi kesehatan tubunhya secara keseluruhan.

Kerusakan pada gigi anak terjadi akibat perawatan yang tidak tepat. Gigi yang jarang dibersihkan, lama-lama akan ditutupi lapisan plak. Kondisi ini bisa diperparah jika si kecil sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung. Sebab, bakteri yang terdapat pada plak akan bereaksi dengan gula/tepung, kemudian menghasilkan asam yang dapat merusak email atau lapisan pelindung gigi. Serangan asam yang berlangsung terus-menerus membuat gigi rusak dan berlubang. Berikut adalah beberapa tips merawat gigi anak yang dapat anda lakukan gigi anak menjadi sehat dan bersih.

 

Tips Merawat Gigi Anak


Kurangi Penggunaan dot
Jika terlalu lama anak Anda mengisap dot maupun minum susu dari botol, maka akan berdampak bagi susunan gigi si anak.  jika anak-anak Anda sudah memasuki usia 2 tahun sebaiknya mulai biasakan mereka minum susu dari gelas karena minuman yang mengandung gula jika diberikan melalui botol dot, akan menetes pada gigi secara konstan dan dalam waktu yang panjang.

Kurangi konsumsi makanan manis

Berikan jus buah yang kaya gula alami itu hanya pada waktu makan. Batasi pula sirup dan es krim yang mengandung gula sederhana yang yak hanya buruk untuk gigi. Kebiasaan mengonsumsi makanan manis, permen cokelat nantinya akan berakibat gigi berlubang dan berwarna hitam.

Sikat gigi secara rutin
Ingatkan untuk menyikat gigi sebelum mereka tidur dan saat mandi. Waktu menyikat gigi yang baik adalah 2x sehari yaitu pada pagi dan malam hari. sebelum tidur. Cara menyikat gigi yang baik adalah dengan menaruh sedikit pasta gigi pada sikat. Sikat dengan gerakan memutar dengan fokus satu bagian baru ke bagian berikutnya. hal itu akan mencegah gigi berlubang dan gigi menjadi putih dan sehat

Konsultasi ke Dokter Gigi
Konsultasikan masalah gigi anak anda ke dokter gigi karena Dengan pemeriksaan rutin, masalah-masalah gigi dapat ditangani sejak dini. Dengan demikian pertumbuhan gigi mereka tetap terpantau.

Perbanyak asupan vitamin dan suplemen gigi
Asupan vitamin yang banyak dalam tubuh si anak mampu membuat gigi mereka kuat dan gusi mereka sehat. Anda juga bisa menambahkan menu makanan berserat pada menu anak setiap harinya.

Fluor dan kalsium merupakan unsur penting dalam pembentukan gigi dan tulang. Fluor diperlukan untuk mengurangi timbulnya kerusakan gigi dan mencegah karies. Bisa didapat dari air mineral yang biasa kita minum. Bila terjadi perubahan warna gigi pada anak, pertanda giginya kekurangan fluor. Kondisi semacam ini biasanya terjadi di daerah yang airnya mengandung sedikit fluor.
Comments