January 6, 2013

Kanker Lidah, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Kanker lidah adalah jenis kanker oral yang paling umum kemungkinan hampir sama dengan sariawan, namun pada kanker lidah daerah sekitar luka mengeras dan Pergerakan lidah juga terasa kaku dan sakit saat menelan. sedangkan pada sariawan terasa lunak.

Pria perokok berisiko tinggi akan terkena kanker lidah namun tidak menutup kemungkinan wanita juga bisa mengalaminya. Selain berhenti merokok dianjurkan pula untuk berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol.

Informasi lain menyebutkan, tingginya risiko terkena kanker lidah pada kaum pria terkait dengan kebiasaan merokok. Artinya, hal tersebut berlaku sama pada kaum perempuan perokok. Pada kaum pria, kanker lidah dapat menyerang saat usia 20 sampai 75 tahun.

GEJALA AWAL KANKER LIDAH

Kanker lidah terjadi di bagian mukosa dan mengalami ketidaknyamanaan pada lidah, akan terasa nyeri dan adanya lesi di lidah dengan ukuran kira-kira 1-2cm.

Sedangkan pada gejala eksogen ciri gejala ini seperti bisul berbentuk seperti kembang kol, disertai nyeri, dan nyeri di daerah telinga dan temporal.

Pada kanker lidah, rasa sakit akan menjalar dari leher menuju telinga. Pergerakan lidah juga terasa kaku dan sakit saat menelan. Gejala lainnya, yakni munculnya bercak berwarna merah atau putih pada lidah dalam waktu lama, sariawan dan peradangan di lidah secara terus menerus. Nyeri saat mengunyah dan menelan makanan. Radang tenggorokan dalam waktu yang lama. Pendarahan pada lidah tanpa sebab yang jelas.

PENYEBAB KANKER LIDAH

Faktor fisik - Terjadi karena gesekan lidah dalm waktu jangka panjang dan dapat menyebabkan sariawan yang berkepanjangan yang dapat menyebabkan kanker lidah.

Faktor kimia
  • Tembakau : kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol dapat memicu terjadinya kanker lidah. Rokok mengandung nikotin yang mengandung zat karsinogenik.
  • Alkohol : Alkohol memang tidak mengandung zat karsinogenik tetapi mengandung etanol yang dapat 'membantu' penyerapan zat karsinogenik.

Faktor biologi - ada beberapa laporan penelitian bahwa papillomavirus dapat menyebabkan kanker lidah.

The American Institute for Cancer Research merekomendasikan untuk makan banyak kacang-kacangan, buah, sayuran berdaun hijau gelap, biji rami, bawang putih, anggur, teh hijau, kedelai dan tomat untuk mencegah kanker lidah. Diet sehat dan pemenuhan nutrisi telah menjadi metode pencegahan kanker yang tepat.
Comments