December 18, 2012

Proses Kebotakan Pada Pria

Proses Kebotakan dan penipisan rambut pada pria pada umumnya dimulai pada kepala belakang bagian atas, hal semacam itu umum terjadi pada sebagian pria dewasa. Lain hal nya dengan seorang wanita, mereka umumnya mengalami penipisan rambut pada seluruh permukaan kepala.

Jika anda mengalami hal demikian maka kebotakan dapat dicegah pada awal fase dan proses penipisan rambut dan mengambil tindakan perawatan yang tepat untuk rambut anda Jangan sampai anda menunggu tindakan perawatan.

Proses Kebotakan Pada Pria

Proses awal kebotakan pada pria biasanya batas rambut dahi sudah mencapai di batas telinga, atau sekitar 2.5 cm lebih mundur, Proses kerontokan rambut dibagian atas kepala akan lebih sering terjadi dari biasanya dan akan lebih cepat sesuai dengan bertambahnya usia dan ahirnya mengalami fase koebotakan total.

Proses kebotakan total terjadi jika rambut diatas kepala sudah hilang semuanya. Rambut di belakang kepala juga mengalami penipisan dan akan lebih parah dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia.

Penyebab Kebotakan pada Pria

Kebotakan pria disebabkan oleh sensitivitas genetic dari folikel rambut terhadap dihydrotestosterone (DHT). Hormon ini menyebabkan folikel menyusut menjadi tipis.

Faktor genetika juga diyakini sebagai salah satu penyebab kebotakan, tetapi penyebab utama masih tetap kurang jelas.  Hal yang lebih diyakini lagi yaitu  berhubungan dengan hormon yang disebut androgen, atau juga disebut .

Androgen atau dihydrotestosterone (DHT) adalah hormone yang penting pada perkembangan seksual pria sejak lahir sampai masa puber.

Apakah kebotakan bisa dihentikan?


Tentu saja bisa, dengan perawatan rambut secara alami misalnya dengan bahan-bahan alami atau masker buah, bisa juga dengan perawatan yang  lebih modern. Tapi, jika penyebabnya bukan faktor genetik loh.., Kebotakan yang polanya bersifat genetis biasanya terjadi karena kepekaan folikel rambut terhadap dihydrotesterone (DHT) yang memicu gen kebotakan. Karena tidak setiap folikel membawa gen ini.

Sangat penting untuk memberikan perawatan secepatnya pada awal proses kebotakan. Karena apabila folikel rambut telah rusak, maka rambut tidak akan dapat tumbuh kembali. Keadaan rambut botak akan membuat seseorang kehilangan kepercayaan dirinya, apa lagi bila anda bekerja sebagai seorang marketer atau public figure, Penampilan adalah segalanya bukan? Oke, sekian dulu pembahasan tentang Proses Kebotakan Pada Pria, semoga bermanfaat.
Comments