December 17, 2012

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok
Rambut rontok terkadang jadi salah satu masalah bagi sebagian orang baik pria maupun wanita, Berbagai carapun dilakukan untuk mengatasi masalah ini, baik secara modern ataupun dengan cara alami mengatasi rambut rontok ini. Adapun gejala kerusakan rambut, antara lain rambut mudah rontok, kering, kusam dan tidak elastis.

Kebiasaan memanaskan rambut dengan hair dryer atau terlalu sering mencuci rambut juga akan menyebabkan rambut mudah patah karena membuat kadar minyak alami pada rambut berkurang. Rambut yang rontok lama-lama akan menyebabkan kebotakan dan tentunya akan mengurangi rasa kepercayaan diri Anda bukan?

Jika anda lebih tertarik untuk mengatasi rambut rontok dengan cara alami, sebaiknya perhatikan bahan-bahan nya yang yang akan kita gunakan.

Bahan dan Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

  • Kuning telur dan Minyak zaitun. Campurkan satu kuning telur dengan dua sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada ujung-ujung rambut bahan tersebut pada saat kondisi rambut basah dan hindari bersentuhan dengan kulit kepala, kemudian diamkan bebrapa menit dan bilas dengan shampoo bila dirasa sudah cukup. Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu bisa 2 sampai 3 kali.
  • Bawang Merah. Oleskan pada kulit kepala dengan perasan bawang merah dan diamkan selama beberapa jam bisa 1 samapi 3 jam, Kemudian bilas rambut dengan menggunakan shampoo, atau dengan cara memakan langsung bawang merah yang sudah jadi acar. cara Ini juga bisa membantu agar rambut tidak cepat rontok.
  • Jus jahe. Jahe ini bermanfaat dan berfungsi untuk meningkatkan kesuburan rambut. caranya, Usapkan jus jahe pada kulit kepala pada malam hari. dan cucilah rambut pada pagi harinya saat anda bangun tidur.
  • Yoghurt. Selain dapat untuk mencegah kerontokan rambut yoghurt juga mampu mencegah rambut cepat beruban. Caranya yaitu, gunakan yoghurt sebagai masker rambut dengan teratur setiap dua minggu sekali. Dan hasilnya, rambut akan semakin bercahaya dan tampak sehat alami.
  • Minyak Kelapa. Kandungan antioksidan  pada minyak kelapa mampu melembutkan rambut yang kering dan memperbaiki kutikula yang rusak pada rambut sehingga menjadi bersinar. penggunaan minyak kelapa untuk mencegah kerontokan rambut dengan cara, hangatkan tiga sendok makan minyak kelapa dan sikatkan pada rambut dengan lembut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Kemudian bungkus rambut dengan handuk panas kurang lebih selama 30 menit. Lalu bilas rambut keramas dengan shampo hingga bersih.
  • Teh Hijau. Salah satu manfaat Teh hijau adalah dapat menguatkan rambut karena mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi rambut dari paparan polusi dan meningkatkan pertumbuhan rambut.Caranya cukup mudah hanya dengan menyeduh teh dengan air panas, kemudian endapkan teh selama semalaman. lau Air teh yang sudah basi tersebut, digosok-gosokkan ke kulit kepala sampai benar-benar merata ke seluruh bagian rambut, diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih dan tentunya shampoo.
  • Kemiri. Kemiri ini mampu memperbaiki dan memperkuat akar rambut. karena Kandungan minyak di dalam kemiri ini sangat baik bagi akar rambut. Caranya yaitu, kemiri ditumbuk kasar, lalu disangrai. Setelah itu, tumbuk hingga halus sampai keluar minyak. Gunakan minyak kemiri untuk creambath, diamkan beberapa jam lalu bilas dengan air bersih dan shampo.
  • Telur. Kandungan proteinnya yang tinggi pada telur bisa menambah kilau pada rambut. caranya yaitu gunakan tetesan perasan jeruk lemon ke dalam telur yang sudah dikocok. Lalu oleskan secara merata pada rambut sebagai masker. Fungsi dari perasan jeruk lemon itu sendiri adalah untuk menghilangkan bau amis telur.
Cara mengatasi rambut rontok secara alami ini memang cukup sederhana akan tetapi terbukti untuk menjaga kesehatan dan kesuburan rambut.  Pilih saja mana yang paling sesuai dengan keadaan rambut dan kulit kepala kita. Selamat mencoba semoga bermanfaat.
Comments