February 2, 2013

Cara Merawat Rambut kering dan Kusam

Cara Merawat Rambut kering dan Kusam
Merawat rambut kering tentunya bukan hal yang mudah, anda harus benar-benar memperhatikan cara merawatnya. Dalam melakukan perawatan rambut kering ini perlu diperhatikan adalah rutinitas anda dan teratur. Bagi anda yang memiliki jenis rambut kering tentunya merasa jengkel dan kesal karena dengan kondisi rambut kering tersebut membuat anda merasa kurang percaya diri karena rambut nampak tidak terawat.

Rambut adalah bagian dari anggota tubuh yang memerlukan perawatan khusus secara rutin layaknya anggota tubuh yang lain. Rambut juga dapat dikatakan sebagai salah satu simbol kecantikan wanita dan ketampanan pria. Namun bagaimana jika rambut dirundung masalah seperti kerontokan dan rambut kering hingga masalah kebotakan?? Semoga tips berikut dapat membantu Anda mencegah dan memulihkan rambut kering.

Tips Merawat dan mencegah Rambut Kering


Kurangi Pemakaian Bahan Kimia Pada Rambut
Hindari pemakaian obat rambut yang mengandung bahan kimia karena Penggunaan bahan kimia yang terdapat dalam bahan perawatan rambut yang berlebihan hingga diresap oleh akar rambut dan folikel rambut sehingga membuat rambut kekurangan nutrisi dan protein.

Penyebab utama rambut kering adalah dengan penggunaan cat rambut. Dimana pewarna rambut tersebut menghilangkan kelembaban pada rambut anda.

Hindari Keramas dengan air panas
Berkeramas dengan menggunakan air panas hanya akan membuat rambut menjadi tersiksa dan membuat rambut menjadi rusak, berkeramas dan bilaslah rambut dengan air biasa agar akar rambut tidak tersiksa dan kehilangan nutrisi.

Jangan mengikat rambut saat tidur
Mengikat rambut saat tidur, sebenarnya hal ini merupakan cara yang salah dan hanya akan menyiksa rambut sehingga akar rambut tidak dapat bernapas dengan baik.

Gunakan masker rambut
Jika dirasa rambut sudah cukup kering dan rusak dalam keadaan yang cukup parah, gunakan masker rambut dari bahan alami yang terbuat dari beberapa jenis buah-buahan Pilihlah masker rambut dari bahan alami, seperti minyak zaitun, buah alpukat, madu, minyak essensial dsb.

Kurangi Berkeramas dan pemakaian hair dryer
Penggunaan hair dryer dengan suhu yang terlalu panas dan jarak dengan rambut yang terlalu dekat. Terlau sering atau jarang berkeramas hingga membuat rambut kehilangan keseimbangan.

Gunakan shampoo dan conditioner
Gunakan shampo dan kondisioner mulai dari bagian tengah hingga ujung rambut, jangan mengenai kulit rambut. Tujuan menggunakan shampo kondisioner atau pelembab rambut untuk menjaga agar rambut tidak kering dan tidak mudah rapuh serta membantu memberi nutrisi tambahan pada kulit kepala.

Jangan menyisir rambut yang basah
Dalam keadaan basah, rambut yang kering akan sedikit rapuh. Menyisir atau menyikat rambut ketika masih lembab dan basah bisa menyebabkan rambut patah. Lebih baik biarkan rambut Anda mengering alami.
Comments