January 6, 2013

Manfaat dan Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Kunyit
Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kunyit rasanya agak pahit dengan campuran sedikit pedas, berbau khas aromatik, berwarna kuning dan tidak beracun. Senyawa kimia utama yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah minyak atsiri dan kurkuminoid. Warna kuning kunyit berasal dari kurkuminoid yang mengandung kurkumin.

Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat, juga diminum sebagai ekstrak atau diguna sebagai salap untuk mengobati bengkak dan terkilir.

Manfaat Kunyit Untuk Lambung

Kunyit sangat efektif untuk mengurangi peradangan lambung dan ulserasi, yang diketahui sebagai luka terbuka pada lambung. Kunyit ini merupakan komponen utama yang memiliki efek teraupetik atau terapi pengobatan. Kunyit telah terbukti menjadi obat yang baik untuk penyakit lambung seperti peradangan dan ulserasi dan akan efektif dalam dosis sedang.

Manfaat Kunyit Untuk Cegah Kanker Hati

kanker hati, adalah jenis kanker kelima yang paling umum dan penyebab utama ketiga kematian kanker di dunia. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit mengandung zat antioksidan, anti kanker, dan antiinflamasi. Tim peneliti diberikan kunyit ke hewan percobaan dengan dosis 75mg/kg, 150 mg/kg, dan 300 mg/kg per hari selama dua minggu setelah injeksi DEN dan dilanjutkan selama 22 minggu.

Hasilnya menunjukkan kunyit secara signifikan mengurangi jumlah dan kejadian pembengkakan hati. Pada hewan yang menerima dosis tertinggi terjadi penghambatan pembengkakan hati secara signifikan.

Manfaat Kunyit Bagi Pasien Jantung

Peneliti asal Thailand menyebutkan bahwa ekstrak kunyit mampu memberikan perlindungan terhadap jantung pasien yang baru saja mengalami operasi bypass.

Setengah dari pasien diberi satu gram kapsul yang berisi ekstrak kunyit selama empat kali sehari. Para pasien mengonsumsinya tiga hari sebelum operasi dan berlanjut dalam lima hari sesudahnya. Dari hasil penelitian terlihat bahwa pasien paska operasi bypass yang mengonsumsi ekstrak kunyit, terhindar dari risiko serangan jantung sebanyak 65 persen.

Manfaat dan khasiat kunyit memang banyak, tapi penggunaannya harus bijaksana karena konsumsi berlebihan bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Kunyit tidak boleh digunakan oleh penderita batu empedu atau obstruksi empedu. Semoga bermanfaat
Comments