January 12, 2013

Gejala Demam Berdarah Pada Anak

ciri-ciri Demam Berdarah Pada Anak
Bagi orang tua sebaiknya kenali gejala demam berdarah pada anak, agar bisa secepat mungkin kita bisa menanganinya. Butuh perhatian lebih untuk memastikan kondisi penyakit yang diderita oleh anak. Salah satunya adalah dengan memahami lebih jauh mengenai penyakit yang terjadi pada anak-anak kita.

Gejala Demam Berdarah pada anak akan nampak setelah 3-5 hari virus berinkubasi di dalam tubuh atau sejak pertama kali digigit oleh nyamuk Aedes Aegepty. Gejala demam berdarah yang pertama adalah kenaikan temperatur tubuh penderita hingga 39 derajat Celcius atau lebih. Rasa nyeri akan terasa di sekitar perut, bola mata dan daerah persendian.

Fase siklus pelana kuda

Gejala Demam Berdarah pada anak yang lain adalah, adanya siklus pelana kuda dalam peningkatan suhu tubuh. Hari 1-3 biasanya suhu tubuh meningkat dan sulit turun walau diberi obat penurun panas. Hari ke 4 suhu tubuh akan turun seolah-olah sembuh. Padahal ini adalah masa paling kritis dalam penyakit demam berdarah. Tetap berikan banyak cairan terutama jus jambu merah atau apa pun yang disukai anak sebanyak 8 liter sehari.

Penanganan Awal

Sediakan obat penurun panas seperti Paracetamol di rumah, Akan sangat berguna sekali jika ada anggota keluarga yang mengalami peningkatan suhu tubuh secara mendadak.Berikan minum yang banyak pada anak agar cairan tubuhnya yang menguap tersebut dapat segera tergantikan.Bisa juga berikan madu yang dicampur dengan air hangat akan sangat berguna menurunkan demam pada anak.

Tahap Awal Pencegahan Demam berdarah

  • Kuras bak mandi. Kuras bak mandi atau tempat penampungan air secara rutin. Bersihkan secara teratur bak mandi serta penampungan air agar jentik nyamuk tidak segera berubah.
  • Menutup tempat penampungan air. Jika setelah melakukan aktivitas yang berhubungan dengan tempat air sebaiknya anda menutupnya agar nyamuk tidak bisa meletakan telurnya kedalam tempat penampungan air. Sebab nyamuk demam berdarah sangat menyukai air yang bening.
  • Hindari genangan air. bersihkan genangan air yang terdapat di rumah anda, mulai dari selokan dan tempat yang bisa mengakibatkan terjadi genangan air, sebaiknya segera bersihkan, karena nyamuk paling suka pada tempat yang kotor dan akan mengakibatkan cepat berkembang biak di tempat seperti ini. dan jangan lupa Kuburlah barang–barang yang tidak terpakai yang dapat memungkinkan terjadinya genangan air.
Selain pencegahan yang disebutkan diatas tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah menggunakan senyawa anti nyamuk yang mengandung DEET, pikaridin, atau minyak lemon eucalyptus, gunakan pakaian tertutup jika sedang beraktivitas di luar rumah. Semoga pembahasan ciri-ciri demam berdarah pada anak ini bermanfaat bagi anda dan bisa sebagai sumber referensi untuk selalu menjaga kesehatan anda dan keluarga.
Comments