February 17, 2013

Gejala dan Penyebab Penyakit Kaki Gajah

Gejala dan Penyebab Penyakit Kaki Gajah
Penyakit kaki gajah adalah penyakit menular dari cacing filarial yang ditularkan oleh berbagai macam jenis nyamuk, penyakit ini banyak ditemukan di wilayah tropika seluruh dunia. Gejala yang umum terlihat adalah terjadinya elefantiasis, berupa membesarnya tungkai bawah (kaki) dan kantung zakar (skrotum)

Filariasis atau yang biasa disebut orang awam dengan kaki gajah, tersebar lebih dari 1 miliar orang di lebih dari 80 negara dan lebih dari 120 juta orang telah terjangkit oleh penyakit kaki gajah ini. Proses penularan penyakit filaria ini dimulai saat nyamuk menggigit dan menghisap darah orang yang mengandung mikrofilaria.

Penyebab Kaki Gajah


Penyakit kaki gajah dapat ditularkan oleh 23 spesies nyamuk dari genus Anopheles, Culex, Mansonia, Aedes & Armigeres. Karena inilah, Filariasis dapat menular dengan sangat cepat.

 Kenali Gejala Penyakit Kaki Gajah


  • Mengalami demam berulang-ulang selama 3-5 hari, demam dapat hilang bila istirahat dan akan muncul lagi setelah bekerja berat.
  • Jika peradangan terjadi dan menyebabkan gejala infeksi akut maka penderita akan mengalami demam mendadak, bengkak, nyeri dan peradangan pada kelenjar limfe.
  • Adanya penyumbatan limfaa yang dapat menyebabkan pembengkakan di daerah kaki, juga tangan (bila kelenjar limfe di daerah ketiak terkena, sehingga pada wanita dapat pula menyebabkan pembengkakan di payudara).
  • Terbentuknya abses kelenjar getah bening yang dapat pecah dan mengeluarkan nanah dan darah. Terjadi juga pembesaran tungkai, lengan, buah dada, dan buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas.

Untuk mengetahui seseorang telah terkena penyakit kaki gajah adalah dengan cara screening pemeriksaan darah lewat ujung jari. Penanganan lebih awal terhadap penyakit kaki gajah memiliki tujuan untuk membasmi larva atau parasit pada tubuh penderita sehingga tidak akan menular kepada orang lain. kita perlu waspada terhadap serangan berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit kaki gajah.

Dengan mengetahui gejala dan penyebab penyakit kaki gajah, diharapkan masyarakat menjadi lebih peduli dan waspada terhadap penyakit ini.
Comments