January 8, 2013

Resep Jamu Kunyit Kuning

Resep Jamu Kunyit Kuning
Kunyit banyak digunakan dalam pengobatan Ayurveda, karena memiliki kualitas antiseptik dan antibakteri, memiliki efek yang sama dengan fluoride untuk gigi, menyembuhkan psoriasis dan peradangan sendi, diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan, Haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Amandel serta membantu masalah pencernaan dan depresi. tak hanya itu, kunyit ternyata juga dapat mengatasi penyakit Alzheimer, yaitu sejenis penyakit pikun yang umum terjadi pada manusia yang mulai memasuki usia tua dimana kondisi fisik otaknya mulai menurun.

Manfaat kunyit bagi kesehatan sangat beragam. Selain untuk bumbu dapur, kunyit juga mampu digunakan untuk obat tradisional. Berikut adalah Resep Jamu Kunyit :

Resep Jamu Kunyit

Resep jamu kunyit #1. Radang Amandel
setengah jari kunyit diparut, ditambah 2 sendok air minum, aduk sampai rata, peras dan ambil airnya. Tambah 1 kuning telur ayam kampung dan sedikit air kapur sirih. Kocok adunan, minum 1 hingga 2 kali sehari.

Resep jamu kunyit #2. Diare
kunyit diiris, direbus dengan air, ditambah 1 sendok teh air kapur sirih, aduk sampai rata. Dinginkan. Saringan airnya diminum 3 kali sehari sampai sembuh.

Resep jamu kunyit #3. Haid Tidak Lancar
kunyit dan daun sigading (15g), biji pala dan kapulaga (10g), ketumbar, jinten hitam dan cengkeh (5g). Rebus bahan tersebut dengan 3 gelas air sehingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, bagi menjadi 3 bagian untuk diminum 3 kali sehari.

Resep jamu kunyit #4. Keputihan
Kunyit tua (15g) dikupas dan diparut. Ditambah 150ml air asam dan gula jawa, aduk rata. Peras dengan kain, dan minum setiap hari.

Resep jamu kunyit #5.Demam
Rimpang kunyit yang dicuci (20g), diparut, ditambah dengan air matang 100ml, diperas dengan saringan kain. Airnya diminum 2 kali sehari.

Resep jamu kunyit #6. Usus Buntu
Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren. Garam secukupnya.
Cara membuat: Kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan diseduh dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Cara mengkonsumsinya: diminum setiap pagi setelah makan, secara teratur.

Resep jamu kunyit #7. Memperlancar ASI
Bahan: 1 rimpang kunyit.
Cara membuat: kunyit ditumbuk sampai halus.
Cara mengkonsumsinya: dioleskan sebagai kompres diseputar buah dada 1 kali setiap 2 hari.

Resep jamu kunyit #8. Radang gusi
Setengah ibu jari kunyit dan 3 potong gambir diiris. Rebus dalam 2 gelas air sehingga tersisa 1 gelas. Gunakan air itu untuk berkumur 3 hingga 4 kali sehari.

Kunyit rasanya agak pahit dengan campuran sedikit pedas, berbau khas aromatik, berwarna kuning dan tidak beracun. Senyawa kimia utama yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah minyak atsiri dan kurkuminoid. Warna kuning kunyit berasal dari kurkuminoid yang mengandung kurkumin. Aroma khasnya adalah dari minyak atsiri yang mengandung alkohol seskuiterpen. Semoga ramuan jamu kunyit diatas bermanfaat.
Comments